Rekomendasi Wisata Kuliner Legendaris di Semarang yang Wajib Dikunjungi Oleh Pelancong

Mengunjungi sebuah kota belum lengkap rasanya apabila belum mencoba kuliner khas kota tersebut. Karena wisata kuliner adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi di Indonesia sendiri banyak sekali makanan khas di setiap daerah, yang dapat memanjakan pelancong apabila mengunjungi suatu kota. Selain tempat wisata, Semarang dan Lumpia adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Tetapi sebenarnya masih ada lagi makanan-makanan khas Semarang yang wajib dicoba saat mengunjungi Semarang, kami akan memberikan rekomendasi tempat-tempat kuliner yang legendaris di Semarang, berikut ulasannya.

 

Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris

  1. Lunpia Mbak Lien

 

Lumpia/lunpia adalah jajanan khas Semarang yang terbuat dari bahan dasar campuran rebung, telur, sayuran, daging, dan makanan laut, yang digulung dalam adonan tepung gandum sebagai kulit pembungkusnya. Di Semarang sendiri, lunpia mbak lien sangat populer karena keberadaannya sudah sangat lama, selain itu, cita rasa otentik dipertahankan sejak lama menjadi alasan kuat mengapa lunpia mbak lien bertahan selama ini. Karena lokasi lunpia mbak lien ini berada di Jl. Pemuda, depan Sri Ratu, di sebuah mulut gang yang diberi nama Gang Grajen, maka sangat beruntung para pelancong yang sedang mengunjungi tempat wisata di pusat kota Semarang bisa langsung mencoba lunpia legend ini. Terdapat tiga varian rasa lunpia, yakni ayam, udang, dan spesial (perpaduan ayam dan udang). Dari sekian banyak lumpia yang ada di Kota Atlas, ciri khas yang dimiliki lumpia milik mbak lien adalah rebung yang tidak berbau karena sudah melewati proses pencucian yang panjang. Tak ada salahnya Anda mmpir di lunpia mbak lien untuk merasakan lumpia yang otentik khas Semarang ini.

  1. Toko Oen

Restoran yang terletak di dekat Kota Lama ini sangat kental dengan nuansa kolonial. Restoran yang berumur lebih dari 80 tahun ini mempertahankan orisinalitasnya dengan konsep yang diusung adalah nostalgia. Di benak warga Semarang jika mendengar Toko Oen adalah restoran khas tempo dulu. Menu unggulan di toko oen ini adalah es krimnya tradisional yang lezat. Meski dibuat dengan cara ‘kuno’, tetapi jika berbicara soal rasa, es krim toko oen ini memang juara. Toko oen beralamat di Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jika Anda ingin merasakan berada di tempat yang bernuansa tempo dulu, jangan sampai melewatkan toko oen saat berkunjung ke kota Semarang, ya.

 

  1. Leker Paimo

 

Jika mendengar makanan leker, umunya adalah jajanan pinggiran biasa di kota lain, tetapi tidak di Semarang, Anda bisa menemukan leker yang legendaris bernama Leker Paimo. Apa yang membuatnya legendaris? Leker paimo yang beralamat di Jl. Ki Mangunsarkoro, Semarang, Jawa Tengah ini sudah ada sejak 1978 dan menu andalannya adalah leker keju sosis mozarella-nya yang sangat lezat, selain itu, masih banyak lagi varian menu leker dengan berbagai topping. Karena leker paimo sangat populer, Anda tidak bisa mendapatkan leker ini dengan mudah, Anda harus rela mengantre lama. Atau jika Anda ingin membelinya degna tanpa mengantre, sebaiknya datang lebih pagi.

  1. Tahu Baxo Bu Pudji

Seperti tahu bakso pada umumnya, tahu baxo bu pudji juga demikian. Berisi daging yang digiling kemudian dibaluri telur digoreng. Namun, yang membedakan tahu bakso milik bu pudji dengan yang lain adalah cita rasa yang sangat enak. Selain digoreng, tahu baxo bu pudji juga tersedia tahu bakso rebus. Tahu baxo bu pudji beralamat di Jl. Diponegoro Nomor 14 , Mijen, Gedanganak, Ungaran Timur, Semarang. Banyak sekali pelanggan yang membeli tahu bakso ini untuk oleh-oleh karena tahu ini juga tahan hingga 12 hari di freezer, 5 hari di kulkas, dan 24 jam di suhu ruang. Satu box berisi 10 tahu. Selain itu, tahu baxo bu pudji juga menjual aneka oleh-oleh seperti bandeng presto.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner legendaris di Semarang yang wajib Anda coba. Karena jika Anda hanya mengunjungi tempat wisata tanpa mencoba kuliner di Semarang, artinya perjalanan Anda di kota Semarang masih belum selesai. Sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat kulineran Semarang. Mungkin di artikel berikutnya akan kami rangkumkan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *